Selasa, 27 Desember 2016

Struktur Media Massa





Struktur Organisasi
            Secara sederhana organisasi berarti sekelompok orang yang bekerjasama yang memiliki tujuan yang sama. Pada dasarnya setiap organisasi memiliki struktur organisasi. Menyusun struktur organisasi merupakan langkah awal dalam memulai pelaksanaan organisasi. Dengan struktur organisasi pembagian kerja dan fungsi dapat dispesifikan menjadi lebih rinci, sehingga memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan organisasi oleh setiap orang. Berikut adalah contoh dari struktur organisasi :
Contoh Struktur Organisasi Tabloid Kampus

 


Penjelasan :

1.    Pemimpin Umum (General Manager) : Bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan penerbitan pers, baik ke dalam maupun ke luar.
2.    Pemimpin Redaksi : Pemimpin Redaksi bertanggung jawab terhadap mekanisme dan keredaksian. Selain itu, ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya. Ia memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional, serta penulisan da nisi tajuk rencana.
3.    Dewan Redaksi : Bertugas untuk memberi masukan kepada jajaran redaksi dalam melaksanakan tugas redaksional, serta mengatasi permasalahan penting redaksional.
4.    Redaktur Pelaksana : Bertanggung jawab untuk memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh reporter dan editor.
5.    Redaktur : Redaktur memiliki tugas utama untuk melakukan editing atau penyuntingan, seperti penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan dimuat atau disiarkan.
6.    Redaktur Pracetak : Ia bertanggung jawab atas penanganan naskah siap cetak. Dibawah koordinasi Redaktur Pracetak terdapat Setter atau juruketik naskah. Ia bertugas mengetik naskah yang akan dimuat. Ada pula Korektor yang bertugas mengoreksi (membetulkan) kesalahan ketik pada naskah yang siap cetak.
7.    Reporter : Tugas pokok dari seorang reporter adalah untuk mencari berita, membuat satau menyusunnya.
8.    Fotografer : Bertugas untuk mengambil gambar yang memiliki nilai berita atau untuk digunakan melengkapi tulisan berita.
 

Tags:

0 Responses to “Struktur Media Massa”

Posting Komentar

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Manajemen Konflik dan Krisis. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks